Ketentuan Umum

APPI adalah organisasi yang berdasarkan kesamaan profesi, berdiri sendiri, bersifat kekeluargaan serta tidak berafiliasi dengan Organisasi Masyarakat dan Organisasi Politik manapun.
Anggota APPI adalah pelaku pengadaan, tanpa melihat latar belakang bidang pendidikannya, yang bekerja, berperan atau berminat dalam rantai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam bidang pengadaan, penyimpanan dan distribusi barang dan jasa, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam industri perminyakan di Indonesia.

Anggota terdiri dari :

  1. Anggota Pendiri
  2. Anggota Biasa
  3. Anggota Luar Biasa
  4. Anggota Mahasiswa

 

Syarat-syarat umum keanggotaan APPI:

  1. Sarjana yang bergerak dan bekerja di dalam bidang Pengadaan Industri Perminyakan Indonesia
  2. Lulusan Akademi atau SLTA yang telah bekerja pada bidang Pengadaan Industri Perminyakan Indonesia minimal 3 (tiga) tahun untuk lulusan Akademi dan minimal 5 (lima) tahun untuk lulusan SLTA
  3. Memenuhi persyaratan Penerimaan Anggota seperti yang diatur didalam Bab IV Anggaran Rumah Tangga ini.

 

Jenis Keanggotaan:

  1. Anggota Pendiri adalah seluruh individu yang terlibat sejak pembentukan APPI, yang nama-namanya tercantum didalam Akte Pendirian No. 24 yang dibuat dihadapan Notaris SP Henny Singgih SH pada tanggal 09 September 1999.
  2. Anggota Biasa, yaitu pelaku pengadaan, tanpa melihat latar belakang bidang pendidikannya, yang bekerja, berperan atau pernah berkecimpung dalam rantai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam bidang pengadaan, penyimpanan dan distribusi barang dan jasa, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam industri perminyakan di Indonesia.
  3. Anggota Luar Biasa terbagi menjadi dua :
    • Anggota Kehormatan, yaitu mereka yang karena sumbangannya yang besar, berperan baik langsung maupun tidak langsung, yang telah mendorong kemajuan Bidang Pengadaan pada Industri Perminyakan Indonesia dan memenuhi persyaratan keanggotaan sesuai dengan yang diatur oleh Bab IV, Pasal 7.A Anggaran Rumah Tangga.
    • Anggota Peminat yaitu mereka yang menaruh minat yang besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pengadaan dan memenuhi kriteria penerimaan keanggotaan seperti yang diatur di dalam Bab IV, Pasal 7.B Anggaran Rumah Tangga.
    • Anggota Mahasiswa adalah mereka yang berstatus mahasiswa aktif pada Perguruan Tinggi/Akademi dari semua jurusan yang berminat pada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Pengadaan, yang mendaftarkan diri dan diterima sebagai anggota seperti yang diatur di dalam Bab IV Pasal 8 Anggaran Rumah Tangga.